Hot Promo Superindo Minggu Ini

Page 1 of 30

Ingin Hemat, Simak yang Ini!

Review Usaha Ritel SuperIndo

SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berbentuk supermarket di Indonesia. Menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari mulai dari makanan, peralatan elektronik, perlengkapan makan dan mandi serta yang lainnya. Memiliki motto andalan Lebih Segar, Lebih Hemat dan Lebih Dekat, SuperIndo menjadi salah satu usaha ritel Indonesia yang memiliki tingkat kompetensi tinggi. Hal itu terlihat dari harga jual yang ditawarkan, berbagai macam produk yang tersedia, serta beberapa penghargaan yang telah diperoleh SuperIndo.

Menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat untuk berbelanja karena tingkat pelayanannya pun cukup nyaman dan harga yang cukup terjangkau. SuperIndo yang berdiri sejak tahun 1997 ini juga sudah berkembang pesat dengan banyaknya gerai-gerai yang di buka di beberapa kota besar Indonesia.

Sejarah SuperIndo

SuperIndo merupakan jaringan dari perusahaan besar Delhaize Group yang merupakan salah satu ritel Internasional. Delhaize Group berkantor pusat di Brussel, Belgia. Saat ini perusahaan ritel internasional tersebut telah memiliki jaringan hingga di 3 benua dan 11 negara, yaitu  Indonesia, Luksemburg, Yunani, Amerika Serikat, Romania, Belgia, Serbia, Montenegro, Albania, Bosnia dan Herzegovina serta Bulgaria. Ada sekitar 3.451 gerai yang dimilili oleh Delhaize Group di seluruh dunia. Tidak heran jika perusahaan ini juga masuk dalam bursa saham di Bursa Efek New York dan Euronext.

SuperIndo sendiri mulai berkembang di tahun 1997 dengan kepemilikan saham Delhaize Group sebesar 51%. Sejak saat itu SuperIndo makin memperluas usahanya dengan membuka gerai-gerai yang kebanyakan terdapat di Pulau Jawa. Total gerai SuperIndo hingga saat ini ada sekitar 126 buah dengan karyawan sebanyak 5.400 orang.

Jenis market SuperIndo dan produk yang dijual

Superindo adalah supermarket di mana memiliki banyak produk yang merupakan jenis produk kebutuhan hidup sehari-hari. Namun makanan dan minuman menjadi mayoritas produk yang dijual. Sebagai supermarket, SuperIndo bisa berdiri pada bangunan sendiri atau berada di dalam lingkungan mall atau pusat perbelanjaan. Yang jelas sebagai area supermarket, ukuran SuperIndo sangat luas.

Selain variasi produk yang dijual, kualitas produk menjadi prioritas nomor satu. Artinya kualitas produk yang dijual di SuperIndo memiliki standar kesehatan dan keamanan yang tinggi. Sesuai motto mereka “Lebih Segar”, maka produk yang dijual, terutama produk makanan, sangat terjaga kesegaran dan kesehatannya. Makanan yang  dijual di Superindo terjaga baik dari nutrisi hingga ancaman kadaluarsa. Sehingga konsumen tidak perlu merasa khawatir dengan tingkat kesehatan atau keamanan produk tersebut.

Berbagai brand produk bisa dengan mudah didapatkan di SuperIndo. Sehingga selera konsumen yang berbeda-beda bisa terakomodir dengan baik. Sebagai supermarket tentu kelengkapan barang yang dijual juga menjadi perhatian. Karena umumnya konsumen akan lebih senang jika bisa berbelanja semua barang kebutuhannya hanya di satu lokasi saja. Ditambah semua produk di SuperIndo memiliki harga yang cukup bersaing. Artinya harga yang ditawarkan SuperIndo cukup murah dan terjangkau untuk semua pelangganya. Hal ini sesuai sekali dengan salah satu motto mereka yang berbunyi “Lebih hemat”

SuperIndo juga memiliki brand sendiri yang dinamakan “365”. Private brand ini diluncurkan pada tahun 2006 dengan jumlah produk yang dinaungi mencapai 140 produk.

Yang lebih penting lagi adalah SuperIndo sangat mendukung perekonomian lokal. Bisa terlihat dari pasokan produk di gerai-gerai mereka yang juga memberikan ruang bagi produk usaha lokal. Sehingga banyak sekali UKM yang menjadi rekanan SuperIndo. SuperIndo membuktikan sebagai supermarket yang lebih modern, nyatanya mereka tidak melupakan untuk ikut serta memberdayakan usaha lokal yang tidak kalah kualitasnya dengan produk luar.

Perluasan yang dilakukan oleh SuperIndo juga semakin menambah jumlah lapangan kerja yang ada. Hal ini membantu sekali untuk mengurangi pengangguran, utamanya di daerah tempat gerai SuperIndo tersebut berdiri. SuperIndo tidak hanya mengapresiasi potensi usaha lokal, namun juga memberikan kesempatan berkarier bagi masyarakat di sekitarnya.

Lokasi SuperIndo

Seperti yang telah disebutkan di atas, SuperIndo memiliki banyak gerai yang tersebar lebih dominan di daerah Jawa. Di Jakarta, gerai SuperIndo ada 27 buah yang tersebar di Jakarta Selatan 8 gerai, Jakarta Barat 7 gerai, Jakarta Utara dan Jakarta Timur masing-masing 6 gerai. Kemudian untuk di kota Bogor ada sekitar 7 gerai dan Depok 2 gerai.

Di Tangerang sendiri ada 7 gerai SuperIndo dan 6 gerai yang berada di Tangerang Selatan. Kemudian di Bekasi memiliki gerai SuperIndo yang paling banyak yaitu 17 gerai dan di Banten hanya ada 1 gerai. Di Jawa Barat ada 1 gerai SuperIndo yang terletak di daerah Karawang, 7 gerai di Bandung dan 3 gerai di Cirebon. Untuk Jawa Timur ada 9 gerai di Surabaya, 2 gerai di Malang dan 1 gerai di Kediri.

Untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY, SuperIndo memiliki masing-masing 2 gerai di Magelang dan Solo, 4 gerai di Semarang, 1 gerai di Salatiga dan 8 gerai di Yogyakarta. Sedangkan untuk wilayah Sumatera ada 1 gerai SuperIndo di Sumatera Selatan dan 1 gerai di Bandar Lampung.

Review masyarakat terhadap SuperIndo

Kehadiran SuperIndo mendapat apresiasi yang sangat baik dari masyarakat. Bisa terlihat dengan banyaknya pengunjung yang datang ke gerai SuperIndo di berbagai kota tersebut. Selain itu jumlah gerai yang masih akan ditambah menjadi indikasi bahwa SuperIndo adalah salah satu supermarket yang cukup besar peminatnya.

Pada tahun 2015 SuperIndo meraih penghargaan sebagai Top Brand Awards yang menandakan bahwa SuperIndo menjadi sebuah brand supermaket dengan tingkat pelayanan yang berkualitas. Dan hal itu memang sesuai dengan visi mereka untuk selalu mengutamakan pelayanan bagi pelanggan. Tidak hanya ketika berbelanja, namun kualitas produknya pun dapat mereka jaga.

Kerja sama SuperIndo dengan para pengusaha lokal juga membuktikan bahwa SuperIndo merupakan usaha ritel besar yang berkonsep pada lingkungan. Mereka tidak hanya tumbuh dan berkembang sendiri saja tapi juga ikut menggandeng masyarakat di sekitanya.

Selain itu SuperIndo juga sering menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya dengan mengadakan berbagai macam kegiatan sosial. Maka tak heran jika SuperIndo mendapat review positif dari masyarakat, karene ritel tersebut bukan hanya mampu memberikan pelanggannya pelayanan yang terbaik, tapi juga peduli terhadap masyarakat sekitar.