Hot Promo Lottemart Minggu Ini

Page 1 of 30

Promo Perlengkapan Rumah Tangga - Lottemart

Ingin Hemat, Simak yang Ini!

Review Usaha Ritel Besar LotteMart

LotteMart adalah salah satu perusahaan ritel besar yang kini memiliki cabang di berbagai negara. Merupakan perusahaan besar yang berasal dri Korea dengan fokus usaha menjual berbagai keperluan sehari-hari, seperti pakaian, mainan, bahan makanan, alat elektronik dan lain sebagainya. LotteMart merupakan bagian dari Lotte.co,Ltd yang merupakan supermarket paling umum di negara Korea dan Jepang.

Di Indonesia sendiri akan sangat mudah menemukan gerai LotteMarat yang memang sudah masuk sejaka beberapa tahun lalu. LotteMart menjadi salah satu alternatif masyarakat untuk berbelanja dengan perbandingan harga yang cukup terjangkau.

Sejarah LotteMart

LotteMart merupakan ide dari Shin Kyu Ho sebagai ketua dari grup Lotte di tahun 1965. Saat itu kondisi Korea sendiri baru pulih dari sisa-sisa Perang Korea dan begitu pula dengan keadaan pembangunan ekonominya. Lotte menjadi salah satu perusahaan yang cukup tangguh di masa itu dan bisa melihat kesempatan.

Lotte yang melihat hubungan antara Jepang dan Korea mulai membaik memanfaatkan situasi tersebut untuk meluncurkan Lotte panganan pada tahun 1976 di Korea. Setelah itu perlahan-lahan Lotte panganan ini memperluas bidang usahanya. Tidak hanya melakukan ekspansi ke luar negara namun produk-produk yang dijual pun tidak hanya berkisar pada bahan makanan saja, namun juga mencakup pada barang-barang keseharian lainnya.

Nama Lotte sendiri berasal dari nama karakter Charlotte yang ada di dalam buku Van Goethe, The Sorrows of Young Werther. Dan LotteMart merupakan salah satu bentuk investasi dari Shin Kyu Ho yang sangat berhasil. Karena menjadi bentuk modernisasi salam industri makanan secara besar-besaran di Korea pada saat itu. Setelah sukses dengan ritel bahan makanan, Lotte juga mempelopori dalam bidang pariwisata dengan membuka Lotte Shopping dan Lotte Hotel.

LotteMart memiliki 2 tipe yaitu LotteMart Hypermarket dan LotteMart Wholesale. Lotte Hypermarket sama seperti hypermarket umumnya yang memiliki area luas dengan berbagai macam produk makanan yang dijual. LotteMart Hypermarket bisa dengan mudah diakses olah umum atau siapapun dapat berbelanja di situ. Namun berbeda dengan LotteMrat Wholesale. Meski sama-sama memiliki area luas dan banyak jenis produk yang dijual, hanya yang sudah terdaftar sebagai anggota saja yang bisa melakukan pembelian. LotteMart Wholesale juga biasanya memiliki website untuk melayani penjualan secara online. Tentu saja syarat untuk bisa masuk adalah memiliki nomor keangotaan.

Jenis produk yang dijual di LotteMart

Produk yang dijual di LotteMart mayoritas adalah produk makanan, baik yang sudah jadi maupun yang masih berbentuk bahan makanan. Namun selain bahan makanan, produk lainnya yang diijual berupa perlengkapan kebutuhan sehari-hari seperti peralatan mandi, perawatan tubuh, detergen, peralatan makan, peralatan dapur dan lain sebagainya.

Dengan banyaknya jenis produk yang dijual membuat konsumen tidak perlu lagi pergi ke tempat lain untuk berbelanja. Karena dengan datang ke LotteMart saja sudah bisa mendapatkan segala produk yang dibutuhkan.

Kualitas produk juga menjadi perhatian paling utama di LotteMart. Terutama kualitas bahan makanan yang dijual harus sesuai dengan standar kesehatan yang ada. Secara berkala dilakukan pemeriksaan terhadap makanan yang sudah kadaluarsa dan menggantinya dengan produk baru yang lebih segar. Hal ini akan memberikan kenyamanan bagi para konsumen, karna perusahaan sebesar LotteMart sudah pasti akan memberikan keamanan bagi konsumen yang membeli produk di tempat itu.

Produk yang dijual di LotteMart juga memiliki variasi brand yang bisa menjadi pilihan bagi konsumen. Karena tidak semua konsumen memiliki selera yang sama terdapat sebuah brand. Contohnya seperti makanan coklat yang memiliki banyak brand. Dan LotteMarat menjual semua variasi brand coklat tersebut untuk mengakomodir selera konsumennya.

LotteMart Di Indonesia

DI Indonesia LotteMart pertama kali hadir pada tahun 2008. Awalnya sebelum bernama LotteMart, perusahaan ritel besar di Indonesia adalah Makro. Dengan nama Makro Cash and Carry, perusahaan ritel ini dibangun pada tahun 1992. Total gerai yang dimiliki oleh Makro ini ada 19 gerai dengan persebaran Jakarta dan Jawa 13 gerai, Kalimantan 4  gerai, Sulawesi dan Bali masing-masing 1 gerai.

Namun kemudian Makro diakusisi oleh Lotte sehingga secara otomatis nama usahanya pun berganti menjadi LotteMart. Proses akusisi tersebut terjadi pada Oktober 2008 yang menjadikan LotteMart sebagai pertama kalinya perusahaan ritel Korea yang memasuki pangsa pasar Indonesia. Setelah proses akusisi tersebut semakin banyak lagi gerai LotteMart yang tersebar di Indonesia. Tipe LotteMart yang ada di Indonesia juga 3 jenis, yaitu Lottemart Hypermarket , Lottemart Wholesale, Lottemart Supermarket.

Untuk gerai LotteMart Hypermarket sendiri ada sekitar 14 gerai yang kebanyakan terdapat di daerah Jakarta dan Jawa. Sedangkan LotteMart Wholesale banyak menyebar hingga keluar Jawa. Untuk wilayah Jabodetabek ada 10 gerai LotteMart Wholesale, Jawa Barat dan Banten ada 3 gerai, Jawa Tengah dan DIY ada 3 gerai, Jawa timur dan Bali masing-masing 1 gerai, Kalimantan 2 gerai, Sumatra 3 gerai dan Sinndang Laut 1 gerai.

Opini masyarakat tentang LotteMart

Keberadaan LotteMart sebagai salah satu usaha ritel di Indonesia sangat disambut baik oleh masyarakat. Hal ini bisa terlihat dari banyaknya pengunjung LotteMart untuk membeli berbagai barang keperluan mereka. Terlelih di musim perayaan hari besar, pengungjung LotteMart bisa berkali lipat daripada hari biasa. Hal ini juga menunjukkan bahwa LotteMart dipercaya sebagai toko besar yang menyediakan berbagai produk lengkap.

LotteMart memiliki kisaran harga jual yang cukup terjangkau, hal itu juga diakui sebagaian besar masyarakat, apalagi jika membeli barang secara grosir. Karena itu bagi para pedagang eceran berbelanja di LotteMart menjadi alternatif utama karena harga yang didapatkan cukup murah dibanding harga pasaran lainnya.

Namun ada pula sebagain masyarakat yang masih bingung dengan peraturan unik LotteMart terutama Lottemart Wholesale yang mengkhususkan hanya member atau anggota saja yang bisa berbelanja. Walau sebenarnya proses untuk menjadi anggota LotteMart Wholesale ini sangatlah mudah, namun tanpa informasi dan sosialisasi yang tepat bisa membuat orang-orang menyamakan antara LotteMart Hypermarket dan Lottemart Wholesale.